Suatu hari, lama setelah menonton film indie Cin(T)a, membaca novel Eat Pray Love, melakukan yoga, bicara dengan Tuhan dan shalat, membaca buku Tuhan dan Hal-hal yang Tidak Selesai dan Sejarah dalam 10 1/2 Bab, dan bertanya-tanya kenapa Tuhan ngotot menyuruh Ibrahim untuk menyembelih Ismail... tiba-tiba terlintas begini: Kayaknya Tuhan, nggak meminta untuk disembah dengan satu cara.


Saya ingat salah satu line dari film Cin(T)a: "Kenapa Tuhan menciptakan manusia berbeda-beda, kalau Dia ingin disembah dengan satu cara?" Mungkin nggak sih, kalau Tuhan sebetulnya nggak meminta itu?

Mungkin manusia punya caranya masing-masing dalam menyembah Tuhan. Ada yang nyaman dengan shalat, ada yang nyaman dengan maditasi... Dan mungkin cara-cara itu cuma tool untuk mendekatkan diri dengan Tuhan.

Rasanya hubungan dengan Tuhan adalah hubungan yang sangat pribadi. Cuma dia dan Tuhannya yang mengerti persis hubungan itu. Dan siapa sih orang lain untuk menilai apakah caranya menyembah Tuhan benar atau salah. Kayaknya yang punya hak untuk menilai itu, ya cuma Tuhan.

Dor.

Yasudah lah, lakukan aja menurut keyakinan masing-masing.

about me

Foto saya
Contact me: devy.nandya@gmail.com